Laporan Permesinan Geladak


LAPORAN TUGAS
PERMESINAN GELADAK


DISUSUN OLEH :
YANUAR EKA ERIDA
0316040046
D4 MEIVB

PROGAM STUDI D4 TEKNIK PERMESINAN KAPAL
JURUSAN TEKNIK PERMESINAN KAPAL
POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA
2018











KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan saya berbagai macam nikmat, sehingga aktivitas hidup ini banyak diberikan keberkahan. Dengan kemurahan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya bisa menyelesaikan laporan ini dengan baik.
Ucapan terima kasih tidak lupa saya haturkan kepada dosen dan teman-teman yang banyak membantu dalam penyusunan laporan ini. Saya menyadari di dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, baik dari segi tata bahasa maupun dalam segi tulisan.
Oleh karena itu kami meminta maaf atas ketidaksempurnaanya dan juga memohon kritik dan saran untuk kami agar bisa lebih baik lagi dalam membuat karya tulis ini.
Harapan kami mudah-mudahan apa yang kami susun ini bisa memberikan manfaat untuk diri kami pribadi, teman-teman, serta orang lain.






Surabaya,  8 Juli 2018

Penyusun






DAFTAR ISI
DAFAR ISI………………………………………………………………………….…….ii


 

 

 

 

 

 




BAB 1

ANCHOR & MOORING ARRANGEMENT


1.1. Perhitungan Jangkar

1.1.1.Perhitungan Nilai Z

LR 2016/ Part 3/ Chapter 3/ Section 7
Equipment Number     = Δ2/3 + 2BH + A/10
Dimana:
A         = Luasan (m2) merupakan penampakan profil lambung, superstructure dan houses yang memiliki lebar lebih besar dari B/4 yang berada diatas garis air muat pada musim panas termasuk panjang L dan diatas dari tinggi h.
B         = Lebar kapal (m)
H         = Tinggi efektif yang diukur dari garis air muat pada musim panas sampai pada ujung deck tertinggi
            h = Fb + ∑h
Δ          = Merupakan banyaknya air yang berpindah ( displacement ) pada saat garis air berada pada musim panas didalam air laut yang memiliki  air laut 1,025 ton/m3
Displacement (∆)        = 10305,697 tons
Δ2/3                                        = (10305,697 )2/3
                                    = 473,571 tons
B                                 = 16,3  m
H                                 = Pb +
                                    = (H –T) + (2,3 x 4)
                                    = (8,758 -6,89) + (2,3 x 4)
                                    = 11,068  m

1.1.2 Perhitungan Luasan Kapal


      

A1                               = ½ x(a+b) x t
                                    = ½ x (7,2 +7,7) x 2,3
                                    = 17,135 m2
A2                               = P x L
                                    = 7,2 x 2,3
                                    = 16,56 m2
A3                               = P x L
                                    = 8,4 x 2,3
                                    = 19,32 m2


A4                               = P x L
                                    = 10,2 x 2,3
                                    = 23,46 m2


            A5                               = P x L
                                    = 20,689 x 4,068
                                    = 84,163 m2


A6                               = 1/3 h (y0 + 4y1 + y2 +...)
= 1/3 x 0,31 (0,045 + (4 x 0,099) + (2 x 0,189) + (4 x 0,393) + 1,2)
                                    = 1/3 x 0,31 (3,591)
                                    = 0,371 m2


            A7                               = P x L
= 78,01 x 2,868
                                    = 223,73 m2


A8                               = 1/3 h (y0 + 4y1 + y2 +...)
= 1/3 x 0,208 (0,017 + (4 x 0,017) + (2 x 0,049) + (4 x 0,111) + 0,452)
                                    = 1/3 x 0,208 (1,079)
                                    = 0,0748 m2


A9                               = P x L
                                    = 3,293 x 4,068
                                    = 13,4 m2


A10                             = 1/3 h (y0 + 4y1 + y2 +...)
= 1/3 x 0,406 (0,021 + (4 x 0,075) + (2 x 0,195) + (4 x 0,465) + 0,987)
                                    = 1/3 x 0,406 (3,438)
                                    = 0,465 m2


A11                             = P x L
                                    = 5,247 x 5,068
                                    = 26,592 m2


A12                             = ½ x A x T
                                    = ½ x 2,31 x 5,068
                                    = 5,854 m2

A TOTAL      = A1+A2+A3+A4+A5+A6+A7+A8+A9+A10+A11+A12 m2
                          = 431,124
Equipment Number    = Δ2/3 + 2BH + A/10
                                    = 473,571 + (2 x 16,3 x 11,068) + (431,124 /10)
                                    = 877,5

     

               BKI Vol 2/ Section 18
Karakteristik peralatan jangkar  dapat ditentukan atau dilihat berdasarkan harga Z pada  table LR 2006 Part 3, Chapter 13 Section 7, maka dengan nilai Z = 877,5 dimana nilai tersebut termasuk dalam range Z= 840-910,  sehingga diperoleh data jangkar sebagai berikut
a. Jumlah jangkar Bower                                                   : 2 buah
b. Type jangkar                                                                  : Stocklees anchor
c. Berat jangkar haluan (Ga) / Bower anchor                    : 2640 kg 
d.Rantai jangkar :
Type                         :   Stud link chain cables
Panjang                    :   467,5  m
Diameter                  :   D1   :           52 mm
                                     D2   :           46 mm
                                                    D3   :           40 mm
e. Tali tarik  :
1)      Panjang         : 190 m
2)      Beban putus  :  520 kN
f. Tali Tambat :
1)      Jumlah                   : 4 buah
2)      Panjang                 : 170 m
3)      Beban putus          : 200 kN
Kemudian dari data tersebut dapat diambil ukuran yang ada pada jangkar, diambil dari catalog dengan tipe Hall.
Berat jangkar = 2640 kg, maka dari catalog diambil berat jangkar yang mendekati yaitu 2100 kg dari table dimensi jangkar dapat diketahui dimensi jangkar yang akan dipakai pada kapal ini yaitu :

A         =          2170 mm        
B          =          1519 mm
C          =          672 mm
D         =          1400 mm
E          =          1085 mm
ǾF       =          75 mm

1.2 Penentuan Rantai Jangkar

Setelah diketahui data-data dari jangkar, maka dipilih rantai jangkar dari Catalog, yaitu  dengan :
a.       Panjang total dipilih  =  467,5  m
b.      Diameter rantai jangkar dipilih = 46 mm 
Komposisi dan kontruksi dari rantai  jangkar meliputi :
a.    Ordinary link

1). 1,00 d  = 46 mm
2). 6,00 d  = 276 mm
3). 3,60 d  = 165,6 mm
4). Kg/m   = 46
5). Weight/link = 9

b.    Large Link


1)      1,1 d    = 50,6 mm
2)      6,6 d    = 303,6 mm
3)      4,0 d    = 184 mm

c.    End Link

1)      1,2 d    = 55,2 mm
2)    6,75 d  = 310,5 mm
3)    4,0 d    = 184 m

d.                       Connecting shackle(tipe Kenter)


1)      A    = 276 mm
2)    B    = 192,28 mm
3)    C    = 77 mm
4)    R    = 184 mm
5)    2E  =  55 mm

1.3 Perhitungan Daya Mesin jangkar

1.3.1 Gaya Tarik Pengangkat Jangkar (Tcl)(tipe ordinary)

Practical Ship Building oleh M. Khetagurov
Tcl       = 2 fh x (Ga + (Pa x La)) x (1- ( w / a))
Dimana:
Ga       = Berat Jangkar, 2640 kg
d          = Diameter rantai – rantai, 46 mm
Pa        = Beratat rantai jangkar
   Stud – link, Pa = 0,0218 x (d)2
                       Pa = 0,0218 x (46)2
                                       = 46,1288  kg
La        = Panjang rantai  yang menggantung 100 m
a      = Density material 7750 kg/m3
w    = Density sea water 1025 kg/m3
Fh        = Faktor gesekan pada hawse pipe dan stoper nilainya antara 1,28 – 1,35 sehingga
   diambil faktor gesekan 1,3
Tcl       = 2 x 1,3 x (2640 +  (46,1288) x 100) x (1- (1025/7750)
            = 17271,25 kg
Gaya tarik pengangkat jangkar untuk satu buah jangkar sebesar 8635,626 kg

1.3.2 Torsi Pada Cable Lifter (Mcl)

Practical Ship Building oleh M. Khetagurov
Mcl      = (Tcl x Dcl) / (2 x hcl)
Dimana:
Dcl      = Diameter efektif kabel lifter = 13,6 x d
                                                              = 13,6 x 46
                                                              = 625,6 mm = 0,626 m
Hcl      = Effisiensi dari kabel lifter, nilainya berkisar antara 0,9 – 0,92
Mcl      = (17271,25 x 0,626) / (2 x 0,9)
            = 6006,557 kg m

1.3.3 Torsi Pada Poros Motor (Mm)

Mm      = Mcl / (ia x na)
Dimana:
Ncl      = Putaran kabel lifter = 300 / dc
                                                 = 300 / 46
                                                 = 6,522
nm       = 750 – 1550 rpm diambil 1000 rpm
ia         = nm / ncl
            = 1000 / 6,522
            = 153,3
Na       = 0,7 – 0,85 diambil 0,8
Mm      = 6006,557 / (153,3 x 0,8)
            = 48,977 kg m

1.3.4 Daya Motor Penggerak Windlass (Ne)

Practical Ship Building oleh M. Khetagurov
Ne       = (Mm x nm ) / 716,2
            = (48,977 x 1000) / 716,2
            = 68,385 HP
Daya motor penggerak masing – masing windlass sebesar 34,192 HP

1.4 Perhitungan Mesin Tambat (Capstan / Warping Winch)

7.4.1 Gaya Tarik Mesin Tambat (Tcl)

Tcl       = 2 fh x (Ga + (Pa x La)) x (1- ( w / a))
Tcl       = 2 x 1,3 x (2640 +  (46,1288) x 100) x (1- (1025/7750)
            = 17271,25 kg
Gaya tarik pengangkat jangkar untuk satu buah jangkar sebesar 8635,626 kg

1.4.2 Diameter Cable Lifter

Dcl      = 0.013 x dc
Dimana :
Dc       = diameter rantai jangkar, mm.
Dcl      = 13,6 x 46
= 625,6 mm = 0,626 m     

1.4.3 Torsi pada motor        

Mr       =   
Dimana :
Ia         = garing ratio of mechanism, 105 s/d 250.
       = overall efficiency of the mechanism, bila dengan worm gearing, 0.65 s/d 0.75
Mr       =
            = 36,039 Kg m           
= 3603,9 Kg cm

1.4.4 Tenaga dari Capstan

   Ne =
         =
         = 36,963  kW  »  49,615  HP
Tenaga dari capstan masing – masing sebesar 24,8 Hp

1.5 Volume Chain Locker

Practical Ship Building oleh M. Khetagurov
Sm       = 1,1 x d2 x l / 105
Dimana:
Sm       = Tempat untuk menyimpat setiap 100 fathoms (183 m) rantai (m3)
d          = Diameter rantai, 46 mm
l           = Panjang Rantai, 467,5 m
Sm       = 1,1 x (46)2 x 467,5 / 105
            = 10,88 m3  ~ 11 m3
Practical Ship Building/ Volume III B/ Part 1
Direncanakan ada 2 buah chain locker dengan dimensi:
Panjang           : 1,8 m
Lebar               : 4,14 m(untuk kanan-kiri, maka masing-masing 2,07)
Tinggi              : 3 m
Volume           : 11,178 m3 (memenuhi)

1.6 Luas Mudbox

A min  = 33 x d2 (“d” dalam meter)
                = (33 x 0,046)2
            = 2,3 m
Direncanakan mud box dengan dimensi:
Panjang           : 1,8 m
Lebar               : 3,1 m(kanan kiri, 1,55 m)
Tinggi              : 1 m
Volume           : 5,58 m3

1.7 Penentuan Tali Tambat

Bahan yang dipakai untuk tali tambat terbuat dari nilon. Adapun ukuran-ukuran yang dipakai berdasarkan data-data BKI 2001 dari angka petunjuk Z didapatkan :
Jumlah tali tambat      = 4 buah
Panjang tali tambat     = 170 m
Beban Putus                = 200 KN
Keuntungan dari tali nylon untuk tambat :
·         Tidak rusak oleh air dan sedikit menyerap air.
·         Ringan dan dapat mengapung di permukaan air.
·         Untuk diameter dipilih D = 34 mm, disesiaikan dengan beban putusnya yakni 200 KN, maka beban kerja amannya dapat diesikan seperti tabel dibawah, yakni 220,59 KN



1.8 Penentuan Bollard, Fairlaid, dan Hawse Pipe

1.8.1 Penentuan Bollard

Dari Partical Ship Building halaman 189 (Ship and Marine Engineering vol. IIIB) dipilih type vertical bollard dan didapatkan ketentuan sebagai berikut :


Type
f
d
c
e
h
i1
i2
Weight
M
T
kg
125
4.5
13.2
140
80
165
250
315
455
26
160
5.6
15.8
168
90
195
300
400
568
37
200
10.2
29
219
100
250
400
500
719
75
250
13.2
37.2
273
125
315
500
630
903
124
315
20.9
55
324
150
375
600
800
1124
230
400
28.5
75.4
406
175
435
700
1000
1406
356
500
52
123.4
508
200
515
830
1250
1758
723
630
62.7
158.1
610
225
615
1000
1570
2180
1084
710
83.1
219.3
711
250
675
1100
1750
2461
1532

Ukuran Bollard adalah :                 :  
Type                = 500                    
M                     = 52 Ton                       
T                      = 123,4 Ton                       
d                      = 508               
c                      = 200            
e                      = 515
h                      = 830
i1                     = 1250
i2                     = 1758
Weight            = 723 kg                                                         
Bollard ditempatkan di main deck, forecastle, dan poop deck.

1.8.2 Penentuan Fairlaid

Fairlaid berfungsi untuk mengarahkan dan mempelancar tali tambat. Type ini tergantung dari jumlah roller yang digunakan yaitu antara 1-4  kadang – kadang fairlaid dan chock digabung yang disebut fairlaid and chock. Ukuran tergantung dari diameter roller itu sendiri tergantung dari hawses yang dipakai. Dari Practical Ship Building dan didapatkan ukuran roller sebagai  berikut:
Diketahui tegangan tali 200 kN = 200.000 N = 200.000/10 (kg) =20 ton

Size
d1
d2
d3
d4
d5
h1
h2
h3
h4
s1
s2
P (tonnes)
150
150
240
105
85
90
158
5
25
40
8
6
15.8
200
200
310
130
110
115
190
5
25
40
8
6
19.8
250
250
380
150
130
135
245
6
25
40
8
8
28.5
300
300
440
170
150
155
270
7
35
50
8
8
33.6
350
350
500
190
170
175
294
7
35
50
10
10
44.8
400
400
560
200
180
185
332
7
35
50
12
12
58
450
450
630
225
205
210
341
7
35
50
12
12
64.2
500
500
680
245
225
230
358
7
40
50
15
15
84.3

Maka dipilih fairlid/roller dengan stress maks 28,5 ton sesuai dengan pasaran.
Size      =  250                          h1        =  245 mm
d1        =  250 mm                   h2        =  6 mm
d2        =  380 mm                   h3        =  25 mm
d3        =  150 mm                   h4        =  40 mm
d4        =  130 mm                   s1         =  8 mm
d5        =  135  mm                  s2         =  8 mm

1.8.3 Penentuan Hawse Pipe



Berdasarkan  Practical  Ship  Building  penentuan  hawse  pipe  tergantung  dari ukuran dan diameter rantai jangkar.
Untuk diameter rantai jangkar 46 mm
Bagian :
     A              =  9,0 d            =  396              mm
     B              = 0,6 d             =  26,4             mm
     C              = 0,7 d             =  30,8             mm
      D             = 3,5 d             =  154              mm
      E             = 5,0 d             =  220              mm
      F             = 1,4 d             =  616              mm
     G              = 47 d             =  2026            mm
     H              = 37 d             =  1628            mm
Bahan hawse pipe            :  Besi tuang
Tebal atas pipa                :  25     mm
Tebal bawah pipa             :  37     mm
Diameter dalam               :  390








BAB II

PERENCANAAN DAUN KEMUDI

2.1 Perhitungan Luas Daun Kemudi


BKI 2014/ Volume II/ Section 14.A.3
Dimana:
c1         : Faktor untuk jenis kapal
              1,0 untuk kapal pada umumnya
                      0,9 untuk kapal muatan curah dan kapal tangki dengan displasemen >   50.000 ton
       1,7 untuk kapal tunda
Untuk nilai c1  yang diambil adalah 1,0 karena kapal cargo adalah jenis kapal umum.
c2         : Faktor untuk jenis kemudi
  1,0 untuk jenis umum
  0,9 untuk jenis setengah menggantung (semi spade rudder)
       0,8 untuk jenis double rudders
       0,7 untuk jenis dengan daya angkat tinggi (high lift rudder)
Jenis kemudi yang direncanakan adalah jenis umum c2 adalah 1,0
c3         : Faktor untuk bentuk profil kemudi
  1,0 untuk profil NACA dan kemudi plat
                          0,8 untuk profil cekung dan profil campuran (hollow and mixed  profile)
Profil kemudi menggunakan profil NACA sehingga c3 adalah 1,0
c4         : Faktor untuk letak kemudi
       1,0 untuk kemudi di belakang semburan baling-baling (propeller jet)
       1,5 untuk kemudi di luar semburan baling-baling
Penempatan kemudi di belakang semburan baling-baling sehingga c4 adalah 1,0
T          : 5,47 m
L          : Merupakan L konstruksi. Berdasar BKI 2009 section 1 ayat 2.2 L konstruksi
       dapat dihitung dengan:
Lc        = 104,033
     = 12,544 m2

2.2 Menentukan Dimensi Utama Daun Kemudi

Menurut Resistance  Propulsion and Steering of Ship oleh Van Lamerans, untuk daun wkemudi pada kapal yang menggunakan single screw propeller, memiliki luasan didepan sumbu poros daun kemudi tidak lebih dari 23% A.
Af        =  ( 23% x A )
= 23 % x  12,544
= 2,885 m2


Dari hasil perhitungan luasan tersebut maka didapat lebar daun kemudi sebagai berikut

  
 
  c = 2,88 m
Sedangkan untuk tinggi daun kemudi (b) :
b          = A / c
b          = 12,544 / 2,88
b          = 4,4 m
Jarak poros rudder ke sisi rudder (a):
a          =  Af / b
= 2,885 / 4,4
= 0,66 m
Dimana:
Af         : Merupakan luasan didepan sumbu poros kemudi.
A         :  Merupakan luasan daun kemudi.
b          :  Merupakan tinggi utama kemudi.
x1         : Merupakan lebar kemudi pada bagian bawah..
x2           : Merupakan lebar kemudi pada bagian atas.
c          : Merupakan ukuran utama lebar kemudi.

2.3 Perhiutngan Gaya Pada Daun Kemudi

LR 2017/ Volume 1/ Part 3/ Chapter 3/ Section 2
Cr = 132 x A x v2 x k1x k2 x k3 x kt

Dimana :
Cr        =  Gaya kemudi
A         = Luas daun kemudi
V         = Kecepatan untuk ahead condition = 10 knots
k2         = 1.1 ( Naca .00 series gottinger profiles )
k3         = 1.0 ( Propeller jet )
kt         = 1    ( Normal )
c          = Lebar daun yang direncanakan 2,88  m
Λ         =      1,54
k1         =   1,181
Cr        =   132 x 12,544 x 102 x 1,181 x 1,1 x 1 x 1
=  215128,32 N

2.4 Perhitungan Torsi Bagian Kemudi (Ahead Condition)

QR       =  CR1 x r1
r1         = C1 (α – kb1 )
 α         = 0,33 for ahead condition
 c         = 2,88 m
Af        = 2,885 m2
Kb       = Af/A
= 2,885 / 12,544
= 0,23
r1         =  2,88 ( 0,33 – 0,23 )
            =  0,288
QR       = 215128,32 x 0,288
=  61956,96 Nm         

2.5 Perhitungan Torsi Bagian Kemudi (Astern Condition)

QR       =  CR1 x r1
r1         = C1 (α – kb1 )
 α         = 0,66 for astern condition (general)
 c         = 2,88 m
Af        = 2,885
Kb       = Af / A
= 2,885 / 12,544
            = 0,23
r           =  2,885 ( 0,66 – 0,23 )
            =  1,241
QR       = 215128,32 x 1,241
=  266877,44 Nm       

2.6 Perhitungan Diameter Tongkat (Rudder Stock)

LR 2017/ Volume 1/ Part 3/ Chapter 3/ Section 2
Dt  =  4,2 x

Dimana :
Dt                                 = Diameter rudder stock
 Qr Ahead Condition   = Torsi kemudi  61956,96 Nm
 Qr Astern Condition  = Torsi kemudi  266877,44 Nm
 kr                                   = Factor material  
 e                                 = 0,75 untuk ReH  > 235 [N/mm2]
e                                  = 1,00 untuk ReH ≤ 235 [N/mm2]
ReH                                        = Nilai minimum dari titik yield teratas (N/mm2) tidak boleh lebih besar dari 0,7Rm atau 450 N/mm2, diambil yang terkeci dimana Rm adalah nilai tegangan            tarik / tensile strength dari material yang digunakan yaitu ST 45.
Nilai ReH                     = 400 N/mm2.
Kr                                = (235 / 400)0.75 N/mm2 = 0,5875
§  Ahead

           
       = 139,19 mm
§  Astern

           
       = 226,48 mm (diambil ini)
Diameter rudder stock digunakan untuk menentukan dimensi dari steering gear, stopper, locking device dan bagian pendukung lainnya.
Panjang dan tinggi dari sisi quadran untuk tiller tidak boleh kurang dari  :
L          = 0,77 Dt
= 0,77 x 226,48
            = 174,39 mm
T          = 0,8 Dt
            = 0,8 x 226,48
= 181,184 mm
Perhitungan Torsinal Stress :
τ t            = 68 / kr                             
            = 68 / 0,5875              
            = 115,745 N/mm2
Perhitungan Equivalent Strees
σc        = 118 / kr                           
= 118 / 0,5875            
=200,851 N/mm2

2.7 Perhitungan Steering Gear

Nrs      = (Qr x Wrs)/75
Dimana:
Wrs      = (2α/τ) x (π/180)
Dimana:
α          : Sudut putar kemudi  35º
τ           : Waktu putar kemudi 20 detik
Wrs      = (2α/τ) x (π/180)
            = 0,01745
Nrs      = ( x 0,01745)/75
            = 14,4 HP
            Sehingga daya motor yang harus dihasilkan oleh steering gear untuk menggerakkan kemudi adalah sebagai berikut :
Nst      = Nrs/ƞsg        
Dimana:
Ƞsg      : efisiensi steering gear (0,35-1)
               diambil 0,9
Nst      = 14,4 / 0,9
            =  16 HP


Maka dari itu dipilih untuk steering gear dari pabrikan Rolls Royce, SR series yakni SR642.






BAB III

PERALATAN BONGKAR MUAT


3.1 Batang Muat


Panjang lubang palkah adalah (0,5 – 0,7) x panjang ruang muat
Lebar lubang palkah adalah  0,7 x lebar kapal atau sesuai kelipatan jarak gading / frame.
Pada kapal ini direncanakan:
RUANG MUAT 1
Panjang ruang muat                = 26,4 m
Panjang lubang palkah            = 18  m
Lebar lubang palkah               = 11 m

               RUANG MUAT 2 & 3
Panjang ruang muat                = 25,8 m
Panjang lubang palkah            = 18 m
Lebar lubang palkah               = 11 m
Penentuan perhitungan dibuat sama yakni menggunakan acuan Ruang Muat 1
Panjang jangkauan batang muat:
L’ =  (2/3 Panjang Palkah + Jarak Center Boom ke Sisi Lubang Palka)
     =  (2/3 x 18 + 2,1)
     = 14,1 m
Panjang batang muat: 
L = L’ / cos 45
   = 19,94 m
Beban yang direncanakan SWL = 30000 kg
Kapal KM. Al-Kawthar merupakan jenis bulk Carrier yang mengangkut biji kedelai curah. Proses bongkar muat dilakukan dengan bantuan crane, dan menggunakan grab. Spesifikasi crane yang digunakan harus  sesuai rules sebagai berikut:
·      Crane diletakkan di atas geladak utama di tengah badan kapal (konvensional).Bila crane tersebut merupakan provisional crane, maka dapat diletakkan pada samping kiri dan kanan.
·      Untuk crane provisional direncanakan menggunakan low platform crane, sedangkan untuk crane cargo menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada
·      Jangkauan maksimum 7 –  10 m untuk provisional crane, sedang untuk cargo crane menyesuaikan dengan spesifikasi.
·      Jangkauan minimum 4 m untuk provisional crane, sedang untuk cargo crane menyesuaikan dengan spesifikasi.
·      SWL crane 3 ton untuk provisional crane, sedang untuk cargo crane menyesuaikan dengan spesifikasi.

Sehingga berdasarakan perhitungan jangkauan maka dipilih crane dengan jangkauan maksimal 20 m, dengan SWL 30 ton















BAB IV

PERALATAN NAVIGASI DAN KESELAMATAN



Design and construction edisi revisi sname Newyork, 1996 tentang perlengkapan lampu navigasi.



Tabel 8.1 Lampu Navigasi
Untuk jelasnya peraturan lampu navigasi bisa dilihat “Marine Engineering 1992” Editor Harrington halaman 766 s/d 767.

 4.1 Lampu Jangkar ( Anchor Light )

   Setiap kapal dengan L > 150 ft pada saat lego jangkar harus menyalakan anchor light.
   Warna                                   : Putih
   Jumlah                                  : 1 buah
   Visibilitas                             : 3 mil ( minimal)
   Sudut sinar                           : 360o horisontal
   Tinggi                                   : 17,456 meter dari baseline
   Letak                                    : Forecastle

 Gambar 8.2 Lampu Jangkar (Anchor Light)

4.2 Lampu Buritan ( Stern Light )






Gambar 8.3 Lampu Buritan (Stern Light)


   Warna                                                 : Putih
   Jumlah                                                : 1 buah
   Visibilitas                                            : 3 mil ( minimal )
   Sudut sinar                                          : 135o horisontal
   Tinggi                                                 : 12 meter dari baseline
   Letak                                                  : Buritan

 4.3 Lampu Tiang Agung ( Mast Head Light )







Gambar  8.4 Lampu Tiang Agung (Mast Head Light)

   Warna                                                   : Putih
   Visibilitas                                              : 6 mil ( minimal )
   Sudut sinar                                            : 225o horisontal
   Tinggi                                                    : 20,48 meter ( di tiang agung depan )
                                                                     27,96 meter ( di tiang di top deck) diukur dari baseline



4.4 Lampu Sisi ( Side Light )


Gambar 8.5 Lampu Sisi (Side Light)

   Jumlah :   Starboard Side                        : 1 buah
                     Port Side                                : 1 buah
   Warna                                     
     Starboard Side                                        : Hijau
     Port Side                                                 : Merah
   Visibilitas                                                : 2 mil ( minimal )
   Sudut sinar                                              : 112,5o horisontal
   Letak                                                       : Navigation deck (pada fly wheel house)

4.5 Morse Light

   Warna                                                      : Putih
   Sudut sinar                                              : 360o horisontal
   Letak                                                       : di top deck, satu tiang dengan mast head light,     antena UHF dan radar

4.6 Tanda Suara

Tanda suara ini dilakukan pada saat  kapal melakukan manouver di pelabuhan dan dalam keadaan berkabut atau visibilitas terbatas. Setiap kapal dengan panjang lebih dari 12 meter harus dilengkapi dengan bel dan pluit.

4.7  Pengukur Kedalaman ( Depth Sounder Gear )




Gambar 8.6  Pengukur Kedalaman (Depth Sounder Gear)
Setiap kapal dengan BRT di atas 500 gross ton dan melakukan pelayaran internasional harus dilengkapi dengan pengukur kedalaman yang diletakkan di anjungan atau ruang peta.
8.8 Compass

Gambar 8.7 Compass
Setiap  kapal  dengan  BRT  di  atas  1600  gross  ton  harus  dilengkapi  dengan  gyro compass yang terletak di compass deck dan magnetic compass yang terletak di wheel house.
8.9 Radio Direction Finder dan Radar
Setiap kapal dengan BRT 1600 gross ton harus dilengkapi dengan direction finder dan radar yang masing-masing terletak di ruang peta dan wheel house. Fungsi utama dari radio  direction  finder  adalah  untuk  menentukan  posisi  kapal  sedangkan  radar berfungsi untuk menghindari tubrukan.

4.10 Perlengkapan Keselamatan

Kapal harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan pelayaran yang sesuai yang ada. Menurut fungsinya alat keselamatan dibagi 3, yaitu :
1.      Sekoci
Persyaratan sekoci penolong :
-          Dilengkapi dengan tabung udara yang diletakkan dibawah tempat duduk.
-          Memiliki kelincahan dan kecepatan untuk menghindar dari tempat   kecelakaan.
-          Cukup kuat dan tidak berubah bentuknya saat mengapung dalam air ketika dimuati ABK beserta perlengkapannya.
-          Stabilitas dan lambung timbul yang baik.
-          Mampu diturunkan kedalam air meskipun kapal dalam kondisi miring 15o.
-          Perbekalan cukup untuk waktu tertentu.
-          Dilengkapi dengan peralatan navigasi, seperti kompass radio komunikasi.
Sekoci yang digunakan adalah tipe M8-5T dari pabrikan Makina Lifeboat Indonesia dengan tipe fully enclosed.

Gambar 10.1 Katalog Sekoci

4.11 Perlengkapan Apung (Bouyant Apparatus)

Yang dimaksud dengan alat-alat apung adalah semua alat yang dapat terapung, yang dapat menahan orang-orang sehingga dapat tetap terapung. Yang termasuk perlengkapan apung adalah :

1.   Pelampung Penolong ( Life Buoy )

              Persyaratan pelampung penolong :

·      Dibuat dari bahan yang ringan (gabus dan bahan semacam plastik).

·      Berbentuk lingkaran atau tapal kuda.

·      Harus mampu mengapung dalam air selama 24 jam dengan beban sekurang-kurangnya 14,5 kg besi.

·      Tahan pada pengaruh minyak, berwarna menyolok dan diberi tali pegangan, keliling pelampung dilengkapi dengan lampu yang menyala secara otomatis serta ditempatkan pada dinding atau pagar yang mudah terlihat dan dijangkau.

·      Jumlah pelampung untuk kapal dengan panjang 60 - 122 m minimal 12 buah.

 









Gambar 10.2 Salah Satu Jenis Pelampung pada Kapal
·      Nama kapal ditulis dengan huruf kapital (besar)
·      Dapat cepat dilepaskan, tidak boleh diikat secara tetap dan cepat pula dilemparkan dari anjungan ke air.
Dijelaskan bahwa beberapa buah pelampung penolong harus dilengkapi lampu yang menyala secara otomatis. Salah satu caranya dilakukan sebagai berikut :
Dengan botol Holmes diikatkan pada pelampung yang diisi dengan :
a.       Karbit Kalsium (Ca CO3).
b.      Fosfat Kalsium (P2 CO3).
Tutup dari botol ini mempunyai tali yang diikat pada pagar geladak. Pada waktu pelampung dilemparkan ke air, tutupnya akan terlepas dan botolnya kemasukan air laut. Karbid dengan air akan menimbulkan reaksi panas sehingga fosfatnya terbakar, dengan demikian botol tersebut akan mengeluarkan nyala yang dapat menunjukkan tempat dimana pelampung tersebut berada, sehingga orang lain yang akan ditolong dapat mengetahuinya. Apabila tabung ini dilemparkan ke air, maka pen itu akan terlepas dari tabung sehingga mengakibatkan sebuah lubang pada tabung itu.
Untuk kapal-kapal tangki jenis Holmes Light harus dinyalakan dengan listrik (baterai). Bagian luarnya adalah sebagai pengapung yang terbuat dari kayu balsa. Sebelah dalam ialah tabung dari kuningan yang berisi baterai. Sebuah lampu yang tertutup pelindung gelas dengan gasket karet yang kedap air, yang akan menyala segera setelah lampunya berada disisi atas, yaitu kedudukan pada waktu terapung di atas air. Lampu tersebut akan menyala kira-kira 3 jam. Lampu tersebut harus selalu diperiksa apakah menyala dengan baik, yaitu dengan cara meletakkan lampu disisi atas.

2.      Baju Penolong (Life Jacket)

Persyaratan baju penolong :


·         Jumlah sesuai banyaknya ABK, berwarna menyolok dan tahan minyak serta. dilengkapi dengan peluit.




Gambar 10.3 Contoh baju Penolong
·         Dibuat sedemikian rupa, sehingga menghindarkan pemakaian yang salah, kecuali memang dapat dipakai dari luar dan dalam (inside out).
·         Dibuat sedemikian rupa, sehingga kepala dari si pemakai tetap berada diatas permukaan laut meskipun dalam keadaan tidak sadar.

3.      Rakit Penolong Otomatis (Inflatable Liferafts)
Adalah rakit penolong yang ditiup secara otomatis, alat peniupnya merupakan satu atau lebih botol angin yang diletakkan diluar lantai rakit. Botol angin ini harus cukup untuk mengisi atau mengembangkan dengan apungnya,sedang alas lantainya dapat dikembangkan dengan pompa tangan.
Apabila rakit akan digunakan maka tali tambatnya mula-mula harus diikatkan di kapal, dan rakit yang masih berada ditempatnya dalam keadaan terbungkus  itu dilempar ke laut. Suatu tarikan dari tali tambat, akan membuka pentil botol anginnya, sehingga raikt akan mengembang.
a.       Persyaratan Rakit Penolong Otomatis :
·         Bila dijatuhkan ke dalam air dari suatu tempat 18 m tingginya diatas permukaan air, baik rakit dan perlengkapan lainnya tak kan rusak.
·         Dapat dikembangkan secara otomatis dengan cepat dan dengan cara yang sederhana.
·         Berat seluruh rakit termasuk kantong, tabung, dan perlengkapannya maksimum 180 kg.
·         Mempunyai stabilitas yang baik.
·         Lantai dari rakit penolong harus kedap air dan harus cukup mempunyai isolasi untuk menahan udara yang dingin.
·         Dilengkapi dengan tali tambat yang panjangnya minimum 10 m, dan di sisi luarnya terdapat tali pegangan yang cukup kuat.
·         Rakit harus dapat ditegakkan oleh seseorang apabila rakit dalam keadaan telah tertiup dan terbalik.
b.      Perlengkapan Rakit Penolong Otomatis :
·         Dua jangkar apung dengan tali (satu sebagai cadangan).
·         Untuk setiap 12 orang disediakan 1 gayung spons dan pisau keamanan.
·         Sebuah pompa tangan.
·         Alat perbaikan yang dapat menambal kebocoran.
·         Sebuah tali buangan yang terapung di atas air, panjangnya minimum 30 m.
·         buah dayung.
·         obor yang dapat mengeluarkan sinar merah yang terang.
·         Sebuah lentera (flash light) saku kedap air yang dapat digunakan untuk sandi morse, dengan 1 set baterai cadangan dan 1 bola cadangan yang disimpan di dalam tempat yang kedap air.
·         Sebuah kaca yang bisa digunakan untuk sandi morse.
·         1/2 kilo makanan untuk setiap orang.
·         kaleng anti karat yang isinya masing-masing 0,36 liter air untuk setiap orang.
·         Sebuah mangkok minim yang anti karat dengan skala ukuran.
·         pil anti mabok laut untuk setiap orang.
·         Buku penuntun tahan air yang menerangkan cara-cara orang tinggal di dalam rakit.
Sebuah tempat kedap air berisi perlengkapan pertolongan pertama, dengan keterangan-keterangan cara menggunakannya. Pada bagian luar dari pembungkusnya dituluskan daftar isi.

4.12 Tanda Bahaya dengan Signal atau Radio

              i.      Bila dengan signal dapat berupa cahaya, misal lampu menyala, asap, roket, lampu sorot, kaca dsb.
            ii.      Bila berupa radio dapat berupa suara radio, misal radio dalam sekoci, auto amateur rescue signal transmiter dsb.


 4.13 Alat Pemadam Kebakaran


     Dalam kapal terdapat alat pemadam kebakaran pada kapal Al-Kawthar ini berupa CO2 dan hydrant air.





Comments