LAPORAN
TUGAS
PERMESINAN
GELADAK
DISUSUN OLEH :
YANUAR
EKA ERIDA
0316040046
D4
MEIVB
PROGAM STUDI D4 TEKNIK
PERMESINAN KAPAL
JURUSAN TEKNIK PERMESINAN
KAPAL
POLITEKNIK PERKAPALAN
NEGERI SURABAYA
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan saya berbagai macam nikmat, sehingga
aktivitas hidup ini banyak diberikan keberkahan. Dengan kemurahan yang telah
diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya bisa menyelesaikan laporan ini
dengan baik.
Ucapan terima
kasih tidak lupa saya haturkan kepada dosen dan teman-teman yang banyak
membantu dalam penyusunan laporan ini. Saya menyadari di dalam penyusunan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Masih banyak kekurangan yang harus
diperbaiki, baik dari segi tata bahasa maupun dalam segi tulisan.
Oleh karena
itu kami meminta maaf atas ketidaksempurnaanya dan juga memohon kritik dan
saran untuk kami agar bisa lebih baik lagi dalam membuat karya tulis ini.
Harapan kami mudah-mudahan apa
yang kami susun ini bisa memberikan manfaat untuk diri kami pribadi, teman-teman,
serta orang lain.
Surabaya, 8 Juli 2018
Penyusun
DAFTAR
ISI
DAFAR ISI………………………………………………………………………….…….ii
BAB
1
ANCHOR & MOORING ARRANGEMENT
1.1. Perhitungan Jangkar
1.1.1.Perhitungan Nilai Z
LR 2016/ Part 3/ Chapter
3/ Section 7
Equipment
Number = Δ2/3 + 2BH + A/10
Dimana:
A =
Luasan (m2) merupakan penampakan profil lambung, superstructure dan houses
yang memiliki lebar lebih besar dari B/4 yang berada diatas garis air muat pada
musim panas termasuk panjang L dan diatas dari tinggi h.
B = Lebar kapal (m)
H =
Tinggi efektif yang diukur dari garis air muat pada musim panas sampai pada
ujung deck tertinggi
h
= Fb + ∑h
Δ =
Merupakan banyaknya air yang berpindah ( displacement ) pada saat garis air
berada pada musim panas didalam air laut yang memiliki
air laut 1,025 ton/m3
Displacement
(∆) = 10305,697 tons
Δ2/3 =
(10305,697 )2/3
= 473,571
tons
B = 16,3 m
H = Pb +
= (H –T) +
(2,3 x 4)
= (8,758
-6,89) + (2,3 x 4)
=
11,068 m
1.1.2 Perhitungan Luasan Kapal
A1 =
½ x(a+b) x t
= ½ x (7,2
+7,7) x 2,3
= 17,135 m2
A2 =
P x L
= 7,2 x 2,3
= 16,56 m2
A3 =
P x L
= 8,4 x 2,3
= 19,32 m2
A4 =
P x L
= 10,2 x 2,3
= 23,46 m2
A5 = P x L
= 20,689 x
4,068
= 84,163 m2
A6 =
1/3 h (y0 + 4y1 + y2 +...)
=
1/3 x 0,31 (0,045 + (4 x 0,099) + (2 x 0,189) + (4 x 0,393) + 1,2)
= 1/3 x 0,31
(3,591)
= 0,371 m2
A7 = P x L
=
78,01 x 2,868
= 223,73 m2
A8 =
1/3 h (y0 + 4y1 + y2 +...)
=
1/3 x 0,208 (0,017 + (4 x 0,017) + (2 x 0,049) + (4 x 0,111) + 0,452)
= 1/3 x
0,208 (1,079)
= 0,0748 m2
A9 =
P x L
= 3,293 x
4,068
= 13,4 m2
A10 =
1/3 h (y0 + 4y1 + y2 +...)
=
1/3 x 0,406 (0,021 + (4 x 0,075) + (2 x 0,195) + (4 x 0,465) + 0,987)
= 1/3 x 0,406
(3,438)
= 0,465 m2
A11 =
P x L
= 5,247 x
5,068
= 26,592 m2
A12 =
½ x A x T
= ½ x 2,31 x
5,068
= 5,854 m2
A TOTAL = A1+A2+A3+A4+A5+A6+A7+A8+A9+A10+A11+A12
m2
=
431,124
Equipment
Number = Δ2/3 + 2BH + A/10
= 473,571 +
(2 x 16,3 x 11,068) + (431,124 /10)
= 877,5
BKI Vol 2/ Section 18
Karakteristik peralatan jangkar dapat ditentukan atau dilihat berdasarkan
harga Z pada table LR 2006 Part 3,
Chapter 13 Section 7, maka dengan nilai Z = 877,5 dimana nilai tersebut
termasuk dalam range Z= 840-910,
sehingga diperoleh data jangkar sebagai berikut
a.
Jumlah jangkar Bower :
2 buah
b.
Type jangkar :
Stocklees anchor
c.
Berat jangkar haluan (Ga) / Bower anchor :
2640 kg
d.Rantai
jangkar :
Type : Stud link chain cables
Panjang
: 467,5
m
Diameter : D1 : 52 mm
D2 : 46 mm
D3 : 40 mm
e. Tali
tarik :
1) Panjang : 190 m
2) Beban
putus :
520 kN
f. Tali Tambat :
1) Jumlah :
4 buah
2) Panjang
: 170 m
3) Beban
putus :
200 kN
Kemudian
dari data tersebut dapat diambil ukuran yang ada pada jangkar, diambil dari
catalog dengan tipe Hall.
Berat
jangkar = 2640 kg, maka dari catalog diambil berat jangkar yang mendekati yaitu
2100 kg dari table dimensi jangkar dapat diketahui dimensi jangkar yang akan
dipakai pada kapal ini yaitu :
A = 2170 mm
B = 1519 mm
C = 672 mm
D = 1400 mm
E = 1085 mm
ǾF = 75 mm
1.2 Penentuan Rantai Jangkar
Setelah
diketahui data-data dari jangkar, maka dipilih rantai jangkar dari Catalog,
yaitu dengan :
a. Panjang
total dipilih = 467,5
m
b. Diameter
rantai jangkar dipilih = 46 mm
Komposisi dan kontruksi dari
rantai jangkar meliputi :
a.
Ordinary link
1). 1,00 d =
46 mm
2). 6,00 d =
276 mm
3). 3,60 d =
165,6 mm
4).
Kg/m = 46
5).
Weight/link = 9
b.
Large Link
1)
1,1 d = 50,6 mm
2)
6,6 d = 303,6 mm
3)
4,0 d = 184 mm
c.
End Link
1)
1,2 d = 55,2 mm
2)
6,75 d = 310,5 mm
3)
4,0 d = 184 m
d.
Connecting shackle(tipe Kenter)
1)
A = 276 mm
2)
B = 192,28 mm
3)
C = 77 mm
4)
R = 184 mm
5)
2E = 55 mm
1.3 Perhitungan Daya Mesin jangkar
1.3.1 Gaya Tarik Pengangkat Jangkar (Tcl)(tipe ordinary)
Practical Ship Building
oleh M. Khetagurov
Tcl = 2 fh x (Ga + (Pa x La)) x (1- (
w
/
a))
Dimana:
Ga = Berat Jangkar, 2640 kg
d = Diameter rantai – rantai, 46 mm
Pa = Beratat rantai jangkar
Stud – link, Pa = 0,0218 x (d)2
Pa = 0,0218 x (46)2
= 46,1288 kg
La = Panjang rantai yang menggantung 100 m
Fh = Faktor
gesekan pada hawse pipe dan stoper nilainya antara 1,28 – 1,35 sehingga
diambil faktor gesekan 1,3
Tcl = 2 x 1,3 x (2640 +
(46,1288) x 100) x (1-
(1025/7750)
= 17271,25 kg
Gaya
tarik pengangkat jangkar untuk satu buah jangkar sebesar 8635,626 kg
1.3.2 Torsi Pada Cable Lifter (Mcl)
Practical Ship Building
oleh M. Khetagurov
Mcl = (Tcl x Dcl) / (2 x hcl)
Dimana:
Dcl = Diameter efektif kabel lifter = 13,6 x d
= 13,6 x 46
= 625,6 mm = 0,626 m
Hcl = Effisiensi dari kabel lifter, nilainya
berkisar antara 0,9 – 0,92
Mcl = (17271,25 x 0,626) / (2 x 0,9)
= 6006,557 kg m
1.3.3 Torsi Pada Poros Motor (Mm)
Mm = Mcl / (ia x na)
Dimana:
Ncl = Putaran kabel lifter = 300 / dc
= 300 / 46
= 6,522
nm = 750 – 1550 rpm diambil 1000 rpm
ia = nm / ncl
= 1000 / 6,522
= 153,3
Na = 0,7 – 0,85 diambil 0,8
Mm = 6006,557 / (153,3 x 0,8)
= 48,977 kg m
1.3.4 Daya Motor Penggerak Windlass (Ne)
Practical Ship Building
oleh M. Khetagurov
Ne = (Mm x nm ) / 716,2
= (48,977 x 1000) / 716,2
= 68,385 HP
Daya
motor penggerak masing – masing windlass sebesar 34,192 HP
1.4 Perhitungan Mesin Tambat (Capstan / Warping Winch)
7.4.1 Gaya Tarik Mesin Tambat (Tcl)
Tcl = 2 fh x (Ga + (Pa x La)) x (1- (
w
/
a))
Tcl = 2 x 1,3 x (2640 +
(46,1288) x 100) x (1-
(1025/7750)
= 17271,25 kg
Gaya
tarik pengangkat jangkar untuk satu buah jangkar sebesar 8635,626 kg
1.4.2
Diameter Cable Lifter
Dcl = 0.013 x dc
Dimana
:
Dc = diameter rantai jangkar, mm.
Dcl =
13,6 x 46
=
625,6 mm = 0,626 m
1.4.3
Torsi pada motor
Mr =
Dimana
:
Ia = garing ratio of mechanism, 105 s/d
250.
Mr =
= 36,039 Kg
m
= 3603,9 Kg cm
1.4.4 Tenaga dari Capstan
Ne =
=
= 36,963 kW »
49,615 HP
Tenaga
dari capstan masing – masing sebesar 24,8 Hp
1.5 Volume Chain Locker
Practical Ship Building
oleh M. Khetagurov
Sm = 1,1 x d2 x l / 105
Dimana:
Sm = Tempat untuk menyimpat setiap 100
fathoms (183 m) rantai (m3)
d = Diameter rantai, 46 mm
l = Panjang Rantai, 467,5 m
Sm = 1,1 x (46)2 x 467,5 / 105
= 10,88 m3 ~ 11 m3
Practical Ship Building/
Volume III B/ Part 1
Direncanakan
ada 2 buah chain locker dengan dimensi:
Panjang : 1,8 m
Lebar : 4,14 m(untuk kanan-kiri, maka
masing-masing 2,07)
Tinggi : 3 m
Volume : 11,178 m3 (memenuhi)
1.6 Luas Mudbox
A
min = 33 x d2 (“d” dalam
meter)
=
(33 x 0,046)2
= 2,3 m
Direncanakan
mud box dengan dimensi:
Panjang : 1,8 m
Lebar : 3,1 m(kanan kiri, 1,55 m)
Tinggi : 1 m
Volume : 5,58 m3
1.7
Penentuan Tali Tambat
Bahan
yang dipakai untuk tali tambat terbuat dari nilon. Adapun ukuran-ukuran yang
dipakai berdasarkan data-data BKI 2001 dari angka petunjuk Z didapatkan :
Jumlah
tali tambat = 4 buah
Panjang
tali tambat = 170 m
Beban
Putus = 200 KN
Keuntungan dari tali nylon untuk tambat :
·
Tidak rusak oleh air dan
sedikit menyerap air.
·
Ringan dan dapat
mengapung di permukaan air.
·
Untuk diameter dipilih D
= 34 mm, disesiaikan dengan beban putusnya yakni 200 KN, maka beban kerja
amannya dapat diesikan seperti tabel dibawah, yakni 220,59 KN
1.8 Penentuan Bollard, Fairlaid, dan Hawse
Pipe
1.8.1
Penentuan Bollard
Dari Partical Ship Building halaman 189 (Ship
and Marine Engineering vol. IIIB) dipilih type vertical bollard dan didapatkan
ketentuan sebagai berikut :
Type
|
f
|
d
|
c
|
e
|
h
|
i1
|
i2
|
Weight
|
|
M
|
T
|
kg
|
|||||||
125
|
4.5
|
13.2
|
140
|
80
|
165
|
250
|
315
|
455
|
26
|
160
|
5.6
|
15.8
|
168
|
90
|
195
|
300
|
400
|
568
|
37
|
200
|
10.2
|
29
|
219
|
100
|
250
|
400
|
500
|
719
|
75
|
250
|
13.2
|
37.2
|
273
|
125
|
315
|
500
|
630
|
903
|
124
|
315
|
20.9
|
55
|
324
|
150
|
375
|
600
|
800
|
1124
|
230
|
400
|
28.5
|
75.4
|
406
|
175
|
435
|
700
|
1000
|
1406
|
356
|
500
|
52
|
123.4
|
508
|
200
|
515
|
830
|
1250
|
1758
|
723
|
630
|
62.7
|
158.1
|
610
|
225
|
615
|
1000
|
1570
|
2180
|
1084
|
710
|
83.1
|
219.3
|
711
|
250
|
675
|
1100
|
1750
|
2461
|
1532
|
Ukuran Bollard
adalah : :
Type = 500
M = 52 Ton
T = 123,4 Ton
d = 508
c = 200
e = 515
h = 830
i1 = 1250
i2 = 1758
Weight = 723 kg
Bollard
ditempatkan di main deck, forecastle, dan poop deck.
1.8.2
Penentuan Fairlaid
Fairlaid berfungsi untuk mengarahkan dan mempelancar tali
tambat. Type ini tergantung dari jumlah roller yang digunakan yaitu antara
1-4 kadang – kadang fairlaid dan chock
digabung yang disebut fairlaid and chock. Ukuran
tergantung dari diameter roller itu sendiri tergantung dari hawses yang
dipakai. Dari Practical Ship Building dan didapatkan ukuran roller sebagai berikut:
Diketahui tegangan tali 200 kN = 200.000
N = 200.000/10 (kg) =20 ton
Size
|
d1
|
d2
|
d3
|
d4
|
d5
|
h1
|
h2
|
h3
|
h4
|
s1
|
s2
|
P (tonnes)
|
150
|
150
|
240
|
105
|
85
|
90
|
158
|
5
|
25
|
40
|
8
|
6
|
15.8
|
200
|
310
|
130
|
110
|
115
|
190
|
5
|
25
|
40
|
8
|
6
|
19.8
|
|
250
|
250
|
380
|
150
|
130
|
135
|
245
|
6
|
25
|
40
|
8
|
8
|
28.5
|
300
|
300
|
440
|
170
|
150
|
155
|
270
|
7
|
35
|
50
|
8
|
8
|
33.6
|
350
|
350
|
500
|
190
|
170
|
175
|
294
|
7
|
35
|
50
|
10
|
10
|
44.8
|
400
|
400
|
560
|
200
|
180
|
185
|
332
|
7
|
35
|
50
|
12
|
12
|
58
|
450
|
450
|
630
|
225
|
205
|
210
|
341
|
7
|
35
|
50
|
12
|
12
|
64.2
|
500
|
500
|
680
|
245
|
225
|
230
|
358
|
7
|
40
|
50
|
15
|
15
|
84.3
|
Maka dipilih fairlid/roller dengan
stress maks 28,5 ton sesuai dengan pasaran.
Size = 250 h1 =
245 mm
d1 = 250 mm h2 =
6 mm
d2 = 380 mm h3 =
25 mm
d3 = 150 mm h4 =
40 mm
d4 = 130 mm s1 =
8 mm
d5 = 135 mm s2 = 8 mm
1.8.3 Penentuan Hawse Pipe
Berdasarkan Practical Ship Building penentuan hawse pipe tergantung dari ukuran
dan diameter rantai jangkar.
Untuk
diameter rantai jangkar 46 mm
Bagian :
A = 9,0 d = 396 mm
B =
0,6 d = 26,4 mm
C =
0,7 d = 30,8 mm
D =
3,5 d = 154 mm
E = 5,0 d = 220 mm
F = 1,4 d = 616 mm
G =
47 d = 2026 mm
H =
37 d =
1628 mm
Bahan hawse pipe :
Besi tuang
Tebal atas pipa : 25 mm
Tebal bawah pipa : 37 mm
Diameter dalam : 390
BAB II
PERENCANAAN DAUN KEMUDI
2.1 Perhitungan Luas Daun Kemudi
BKI 2014/ Volume II/ Section 14.A.3
Dimana:
c1 : Faktor untuk jenis kapal
1,0
untuk kapal pada umumnya
0,9 untuk kapal muatan curah dan kapal tangki
dengan displasemen > 50.000 ton
1,7
untuk kapal tunda
Untuk
nilai c1 yang diambil adalah
1,0 karena kapal cargo adalah jenis kapal umum.
c2 : Faktor untuk jenis kemudi
1,0 untuk jenis umum
0,9
untuk jenis setengah menggantung (semi
spade rudder)
0,8
untuk jenis double rudders
0,7 untuk jenis dengan daya angkat tinggi (high lift rudder)
Jenis
kemudi yang direncanakan adalah jenis umum c2 adalah 1,0
c3 : Faktor untuk bentuk profil kemudi
1,0 untuk profil NACA dan kemudi plat
0,8
untuk profil cekung dan profil campuran (hollow
and mixed profile)
Profil kemudi menggunakan profil NACA
sehingga c3 adalah 1,0
c4 : Faktor untuk letak kemudi
1,0
untuk kemudi di belakang semburan baling-baling (propeller jet)
1,5 untuk kemudi di luar semburan
baling-baling
Penempatan kemudi di belakang
semburan baling-baling sehingga c4 adalah 1,0
T :
5,47 m
L :
Merupakan L konstruksi. Berdasar BKI 2009 section 1 ayat 2.2 L konstruksi
dapat dihitung dengan:
Lc = 104,033
2.2
Menentukan Dimensi Utama Daun Kemudi
Menurut
Resistance Propulsion and Steering of Ship oleh Van Lamerans, untuk daun wkemudi pada
kapal yang menggunakan single screw
propeller, memiliki luasan didepan sumbu poros daun kemudi tidak lebih dari
23% A.
Af =
( 23% x A )
=
23 % x 12,544
=
2,885 m2
Dari
hasil perhitungan luasan tersebut maka didapat lebar daun kemudi sebagai
berikut
c = 2,88 m
Sedangkan untuk tinggi
daun kemudi (b) :
b = A / c
b = 12,544 / 2,88
b = 4,4 m
Jarak poros rudder ke
sisi rudder (a):
a = Af / b
= 2,885 / 4,4
= 0,66 m
Dimana:
Af : Merupakan luasan didepan sumbu poros
kemudi.
A : Merupakan luasan
daun kemudi.
b : Merupakan tinggi
utama kemudi.
x1 : Merupakan lebar kemudi pada bagian
bawah..
x2 : Merupakan lebar kemudi pada
bagian atas.
c : Merupakan ukuran
utama lebar kemudi.
2.3
Perhiutngan Gaya Pada
Daun Kemudi
LR 2017/ Volume 1/ Part 3/ Chapter 3/ Section 2
Cr = 132 x A x v2 x k1x k2 x k3 x kt
Dimana :
Cr = Gaya kemudi
A =
Luas daun kemudi
V = Kecepatan untuk ahead condition = 10
knots
k2 = 1.1 ( Naca .00 series gottinger
profiles )
k3
=
1.0 ( Propeller jet )
kt = 1
( Normal )
c = Lebar daun yang direncanakan 2,88 m
Λ =
1,54
k1 = 1,181
Cr =
132 x 12,544 x 102 x 1,181 x 1,1 x 1 x 1
= 215128,32 N
2.4 Perhitungan
Torsi Bagian Kemudi (Ahead Condition)
QR =
CR1 x r1
r1 = C1 (α – kb1 )
α =
0,33 for ahead condition
c =
2,88 m
Af = 2,885 m2
Kb = Af/A
=
2,885 / 12,544
=
0,23
r1 =
2,88 ( 0,33 – 0,23 )
=
0,288
QR = 215128,32 x 0,288
2.5
Perhitungan Torsi Bagian Kemudi (Astern Condition)
QR =
CR1 x r1
r1 = C1 (α – kb1 )
α =
0,66 for astern condition (general)
c =
2,88 m
Af = 2,885
Kb = Af / A
=
2,885 / 12,544
= 0,23
r =
2,885 ( 0,66 – 0,23 )
=
1,241
QR = 215128,32 x 1,241
= 266877,44 Nm
2.6 Perhitungan
Diameter Tongkat (Rudder Stock)
LR 2017/ Volume 1/ Part 3/ Chapter
3/ Section 2
Dimana
:
Dt
=
Diameter rudder stock
Qr Ahead Condition = Torsi kemudi 61956,96 Nm
Qr Astern Condition = Torsi kemudi 266877,44 Nm
kr = Factor material
e = 0,75 untuk ReH > 235 [N/mm2]
e = 1,00 untuk ReH ≤ 235 [N/mm2]
ReH =
Nilai minimum dari titik yield teratas (N/mm2) tidak boleh lebih besar dari 0,7Rm atau 450 N/mm2,
diambil yang terkeci dimana Rm adalah nilai tegangan tarik / tensile strength dari material yang digunakan
yaitu ST 45.
Nilai
ReH = 400
N/mm2.
Kr = (235 / 400)0.75
N/mm2 = 0,5875
§ Ahead
= 139,19 mm
§ Astern
= 226,48 mm (diambil ini)
Diameter
rudder stock digunakan untuk menentukan dimensi dari steering gear, stopper,
locking device dan bagian pendukung lainnya.
Panjang dan tinggi dari sisi quadran untuk tiller tidak boleh kurang dari :
L = 0,77 Dt
=
0,77 x 226,48
= 174,39 mm
T
= 0,8 Dt
= 0,8 x 226,48
=
181,184 mm
Perhitungan
Torsinal Stress :
τ t =
68 / kr
= 68
/ 0,5875
=
115,745 N/mm2
Perhitungan Equivalent Strees
σc = 118 / kr
= 118 / 0,5875
=200,851 N/mm2
2.7
Perhitungan Steering Gear
Nrs =
(Qr x Wrs)/75
Dimana:
Wrs =
(2α/τ) x (π/180)
Dimana:
α :
Sudut putar kemudi 35º
τ :
Waktu putar kemudi 20 detik
Wrs =
(2α/τ) x (π/180)
=
0,01745
Nrs =
(
x 0,01745)/75
=
14,4 HP
Sehingga
daya motor yang harus dihasilkan oleh steering gear untuk menggerakkan kemudi
adalah sebagai berikut :
Nst =
Nrs/ƞsg
Dimana:
Ƞsg
: efisiensi steering gear (0,35-1)
diambil 0,9
Nst =
14,4 / 0,9
= 16 HP
Maka dari itu dipilih untuk steering gear
dari pabrikan Rolls Royce, SR series yakni SR642.
BAB III
PERALATAN BONGKAR MUAT
3.1 Batang Muat
Panjang
lubang palkah adalah (0,5 – 0,7) x panjang ruang muat
Lebar lubang
palkah adalah
0,7 x lebar kapal atau sesuai kelipatan jarak gading /
frame.
Pada kapal ini direncanakan:
RUANG
MUAT 1
Panjang ruang muat = 26,4 m
Panjang lubang palkah = 18 m
Lebar lubang palkah =
11 m
RUANG MUAT 2 & 3
Panjang ruang muat = 25,8 m
Panjang lubang palkah = 18 m
Lebar lubang palkah =
11 m
Penentuan
perhitungan dibuat sama yakni menggunakan acuan Ruang Muat 1
Panjang jangkauan batang muat:
L’ =
(2/3 Panjang Palkah + Jarak Center Boom ke Sisi Lubang Palka)
= (2/3 x 18 + 2,1)
= 14,1 m
Panjang batang muat:
L = L’ / cos 45
= 19,94 m
Beban yang direncanakan SWL = 30000 kg
Kapal
KM. Al-Kawthar merupakan jenis bulk Carrier yang mengangkut biji kedelai curah.
Proses bongkar muat dilakukan dengan bantuan crane, dan menggunakan grab.
Spesifikasi crane yang digunakan harus
sesuai rules sebagai berikut:
·
Crane diletakkan di atas geladak utama di tengah badan kapal
(konvensional).Bila crane tersebut merupakan provisional crane, maka dapat
diletakkan pada samping kiri dan kanan.
· Untuk crane provisional direncanakan menggunakan low platform
crane, sedangkan untuk crane cargo menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada
· Jangkauan maksimum 7 – 10 m
untuk provisional crane, sedang untuk cargo crane menyesuaikan dengan
spesifikasi.
· Jangkauan minimum 4 m untuk provisional crane, sedang untuk cargo
crane menyesuaikan dengan spesifikasi.
· SWL crane 3 ton untuk provisional
crane, sedang untuk cargo crane menyesuaikan dengan spesifikasi.
Sehingga berdasarakan
perhitungan jangkauan maka dipilih crane dengan jangkauan maksimal 20 m, dengan SWL 30 ton
BAB IV
PERALATAN NAVIGASI DAN KESELAMATAN
Design and construction edisi
revisi sname Newyork,
1996 tentang perlengkapan
lampu navigasi.
Tabel 8.1 Lampu Navigasi
Untuk jelasnya
peraturan lampu navigasi bisa dilihat “Marine Engineering 1992” Editor
Harrington halaman 766 s/d 767.
4.1 Lampu
Jangkar ( Anchor Light )
• Jumlah :
1 buah
• Visibilitas : 3 mil ( minimal)
• Sudut
sinar : 360o horisontal
• Tinggi : 17,456 meter dari baseline
• Letak : Forecastle
4.2 Lampu Buritan ( Stern Light )
Gambar
8.3 Lampu Buritan (Stern Light)
• Warna :
Putih
• Jumlah :
1 buah
• Visibilitas : 3 mil ( minimal )
• Sudut
sinar :
135o horisontal
•
Tinggi :
12 meter dari baseline
•
Letak :
Buritan
4.3 Lampu Tiang Agung ( Mast Head Light )
Gambar 8.4 Lampu Tiang Agung (Mast Head Light)
• Warna :
Putih
• Visibilitas : 6 mil ( minimal )
•
Sudut sinar : 225o horisontal
• Tinggi : 20,48 meter ( di tiang agung depan )
27,96
meter ( di tiang di top deck) diukur
dari baseline
4.4 Lampu Sisi
( Side Light )
Gambar
8.5 Lampu Sisi (Side Light)
•
Jumlah
: Starboard Side : 1 buah
Port
Side : 1
buah
•
Warna
Starboard Side : Hijau
Port
Side :
Merah
• Visibilitas : 2 mil ( minimal )
• Sudut sinar : 112,5o horisontal
• Letak : Navigation deck (pada fly wheel house)
4.5 Morse Light
• Warna :
Putih
• Sudut
sinar :
360o horisontal
• Letak :
di top deck, satu tiang dengan mast
head light, antena UHF dan radar
4.6 Tanda Suara
Tanda suara ini dilakukan pada saat
kapal melakukan manouver di pelabuhan dan dalam keadaan
berkabut atau visibilitas terbatas.
Setiap kapal
dengan panjang lebih dari 12 meter harus dilengkapi dengan bel dan pluit.
4.7 Pengukur Kedalaman ( Depth Sounder Gear )
Gambar
8.6 Pengukur Kedalaman (Depth Sounder
Gear)
Setiap kapal dengan BRT di atas 500
gross ton dan melakukan pelayaran internasional harus dilengkapi dengan pengukur kedalaman yang diletakkan di anjungan atau ruang
peta.
8.8 Compass
Gambar
8.7 Compass
Setiap kapal dengan BRT di atas 1600 gross ton harus dilengkapi dengan gyro compass yang terletak
di compass deck dan magnetic compass yang terletak
di wheel house.
8.9 Radio Direction Finder dan Radar
Setiap kapal dengan BRT 1600 gross ton harus dilengkapi dengan direction finder dan
radar yang masing-masing terletak di ruang peta dan wheel house. Fungsi utama dari
radio direction finder adalah untuk menentukan posisi kapal sedangkan radar berfungsi untuk menghindari tubrukan.
4.10
Perlengkapan Keselamatan
Kapal harus dilengkapi
dengan perlengkapan keselamatan pelayaran yang sesuai yang ada. Menurut
fungsinya alat keselamatan dibagi 3, yaitu :
1.
Sekoci
Persyaratan sekoci penolong :
-
Dilengkapi dengan tabung
udara yang diletakkan dibawah tempat duduk.
-
Memiliki kelincahan dan
kecepatan untuk menghindar dari tempat
kecelakaan.
-
Cukup kuat dan tidak
berubah bentuknya saat mengapung dalam air ketika dimuati ABK beserta
perlengkapannya.
-
Stabilitas dan lambung
timbul yang baik.
-
Mampu diturunkan kedalam
air meskipun kapal dalam kondisi miring 15o.
-
Perbekalan cukup untuk
waktu tertentu.
-
Dilengkapi dengan
peralatan navigasi, seperti kompass radio komunikasi.
Sekoci yang digunakan adalah tipe M8-5T dari
pabrikan Makina Lifeboat Indonesia dengan tipe fully enclosed.
Gambar 10.1
Katalog Sekoci
4.11
Perlengkapan Apung (Bouyant Apparatus)
Yang dimaksud dengan
alat-alat apung adalah semua alat yang dapat terapung, yang dapat menahan
orang-orang sehingga dapat tetap terapung. Yang termasuk perlengkapan apung
adalah :
1.
Pelampung
Penolong ( Life Buoy )
Persyaratan pelampung penolong :
·
Dibuat dari bahan yang ringan (gabus dan bahan
semacam plastik).
· Berbentuk lingkaran
atau tapal kuda.
· Harus mampu mengapung
dalam air selama 24 jam dengan beban sekurang-kurangnya 14,5 kg besi.
· Tahan pada pengaruh
minyak, berwarna menyolok dan diberi tali pegangan, keliling pelampung
dilengkapi dengan lampu yang menyala secara otomatis serta ditempatkan pada
dinding atau pagar yang mudah terlihat dan dijangkau.
· Jumlah pelampung untuk
kapal dengan panjang 60 - 122 m minimal 12 buah.
Gambar 10.2 Salah Satu Jenis Pelampung pada Kapal
·
Nama kapal ditulis dengan huruf
kapital (besar)
·
Dapat cepat dilepaskan, tidak
boleh diikat secara tetap dan cepat pula dilemparkan dari anjungan ke air.
Dijelaskan bahwa beberapa buah pelampung
penolong harus dilengkapi lampu yang menyala secara otomatis. Salah satu
caranya dilakukan sebagai berikut :
Dengan botol Holmes diikatkan pada
pelampung yang diisi dengan :
a.
Karbit Kalsium (Ca CO3).
b.
Fosfat Kalsium (P2 CO3).
Tutup dari botol ini mempunyai tali yang diikat pada pagar geladak. Pada
waktu pelampung dilemparkan ke air, tutupnya akan terlepas dan botolnya
kemasukan air laut. Karbid dengan air akan menimbulkan reaksi panas sehingga
fosfatnya terbakar, dengan demikian botol tersebut akan mengeluarkan nyala yang
dapat menunjukkan tempat dimana pelampung tersebut berada, sehingga orang lain
yang akan ditolong dapat mengetahuinya. Apabila tabung ini dilemparkan ke air,
maka pen itu akan terlepas dari tabung sehingga mengakibatkan sebuah lubang
pada tabung itu.
Untuk kapal-kapal tangki jenis Holmes Light harus dinyalakan dengan
listrik (baterai). Bagian luarnya adalah sebagai pengapung yang terbuat dari
kayu balsa. Sebelah dalam ialah tabung dari kuningan yang berisi baterai.
Sebuah lampu yang tertutup pelindung gelas dengan gasket karet yang kedap air,
yang akan menyala segera setelah lampunya berada disisi atas, yaitu kedudukan
pada waktu terapung di atas air. Lampu tersebut akan menyala kira-kira 3 jam.
Lampu tersebut harus selalu diperiksa apakah menyala dengan baik, yaitu dengan
cara meletakkan lampu disisi atas.
2.
Baju Penolong (Life Jacket)
Persyaratan baju penolong :
·
Jumlah sesuai banyaknya ABK, berwarna menyolok dan
tahan minyak serta. dilengkapi dengan peluit.
Gambar 10.3 Contoh baju
Penolong
·
Dibuat sedemikian
rupa, sehingga menghindarkan pemakaian yang salah, kecuali memang dapat dipakai
dari luar dan dalam (inside out).
·
Dibuat sedemikian
rupa, sehingga kepala dari si pemakai tetap berada diatas permukaan laut
meskipun dalam keadaan tidak sadar.
3. Rakit Penolong Otomatis (Inflatable Liferafts)
Adalah rakit penolong yang ditiup secara otomatis, alat peniupnya merupakan
satu atau lebih botol angin yang diletakkan diluar lantai rakit. Botol angin
ini harus cukup untuk mengisi atau mengembangkan dengan apungnya,sedang alas
lantainya dapat dikembangkan dengan pompa tangan.
Apabila rakit akan digunakan maka tali tambatnya mula-mula harus diikatkan
di kapal, dan rakit yang masih berada ditempatnya dalam keadaan terbungkus itu dilempar ke laut. Suatu tarikan dari tali
tambat, akan membuka pentil botol anginnya, sehingga raikt akan mengembang.
a. Persyaratan Rakit Penolong Otomatis :
·
Bila dijatuhkan ke
dalam air dari suatu tempat 18 m tingginya diatas permukaan air, baik rakit dan
perlengkapan lainnya tak kan rusak.
·
Dapat dikembangkan
secara otomatis dengan cepat dan dengan cara yang sederhana.
·
Berat seluruh rakit
termasuk kantong, tabung, dan perlengkapannya maksimum 180 kg.
·
Mempunyai stabilitas
yang baik.
·
Lantai dari rakit
penolong harus kedap air dan harus cukup mempunyai isolasi untuk menahan udara
yang dingin.
·
Dilengkapi dengan
tali tambat yang panjangnya minimum 10 m, dan di sisi luarnya terdapat tali
pegangan yang cukup kuat.
·
Rakit harus dapat
ditegakkan oleh seseorang apabila rakit dalam keadaan telah tertiup dan
terbalik.
b. Perlengkapan Rakit Penolong Otomatis :
·
Dua jangkar apung
dengan tali (satu sebagai cadangan).
·
Untuk setiap 12 orang
disediakan 1 gayung spons dan pisau keamanan.
·
Sebuah pompa tangan.
·
Alat perbaikan yang
dapat menambal kebocoran.
·
Sebuah tali buangan
yang terapung di atas air, panjangnya minimum 30 m.
·
buah dayung.
·
obor yang dapat
mengeluarkan sinar merah yang terang.
·
Sebuah lentera (flash
light) saku kedap air yang dapat digunakan untuk sandi morse, dengan 1 set baterai
cadangan dan 1 bola cadangan yang disimpan di dalam tempat yang kedap air.
·
Sebuah kaca yang bisa
digunakan untuk sandi morse.
·
1/2 kilo makanan
untuk setiap orang.
·
kaleng anti karat
yang isinya masing-masing 0,36 liter air untuk setiap orang.
·
Sebuah mangkok minim
yang anti karat dengan skala ukuran.
·
pil anti mabok laut
untuk setiap orang.
·
Buku penuntun tahan
air yang menerangkan cara-cara orang tinggal di dalam rakit.
Sebuah tempat
kedap air berisi perlengkapan pertolongan pertama, dengan keterangan-keterangan
cara menggunakannya. Pada bagian luar dari pembungkusnya dituluskan daftar isi.
4.12
Tanda Bahaya dengan Signal atau Radio
i.
Bila dengan signal dapat berupa
cahaya, misal lampu menyala, asap, roket, lampu sorot, kaca dsb.
ii.
Bila
berupa radio dapat berupa suara radio, misal radio dalam sekoci, auto amateur
rescue signal transmiter dsb.
4.13 Alat Pemadam Kebakaran
Dalam kapal terdapat alat pemadam kebakaran pada kapal Al-Kawthar ini
berupa CO2 dan hydrant air.
Comments
Post a Comment